• 0852-8181-5168
  • mentarisafety@gmail.com

Bimbingan Sertifikasi SMK3 Dari Konsultan SMK3 Profesional

Bimbingan Sertifikasi SMK3 Dari Konsultan SMK3 Profesional
Jasa Konsultan SMK3 Membantu anda meraih Sertifikat SMK3

Kebutuhan sertifikasi SMK3 terbukti semakin meningkat setiap tahunnya. Setiap tahun lebih dari 1000 perusahaan yang telah menerapkan SMK3 di Indonesia diaudit oleh Lembaga Audit Independen dan meraih sertifikat SMK3. Beberapa dari perusahaan tersebut menggunakan jasa konsultan SMK3 untuk menjamin tingkat keberhasilan penerapan SMK3 di perusahaan. SMK3 adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dimana bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja. SMK3 di Indonesia diatur dalam Undang – Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu pada Pasal 86, 87 dan 190. Secara global, ILO (International Labour Organization) di bawah Perserikatan Bangsa – Bangsa juga mengatur tentang SMK3 ini.

Sejarah Pengawasan Penerapan Sertifikasi SMK3 dari Era Depnaker

Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012 mengeluarkan peraturan tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Di dalam peraturan itu setiap perusahaan yang memiliki tenaga kerja lebih dari 100 orang atau kurang dari 100 orang namun beresiko tinggi diminta untuk menerapkan SMK3. Penilaian SMK3 sudah ada di Indonesia Sejak Tahun 1996. Peraturan yang mengikat itu adalah peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 05 Tahun 1996. Sejak lama memang peraturan ini sudah mengikat setiap perusahaan untuk menerapkan SMK3 hanya saja masih banyak perusahaan yang belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengimplementasikan dengan baik SMK3 ini. Kewenangan pengawasan dan pembinaan penerapan SMK3 ini sudah dilakukan sejak Kementerian Ketenagakerjaan masih bernama Depnaker (Departemen Tenaga Kerja). Hingga saat ini pengawasan masih terus dilakukan dibawah Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) daerah.

Logo dan Bendera SMK3
Bentuk Logo dan Bendera SMK3. Bendera SMK3 ada 2 yaitu Bendera Perak dan Emas. Bendera Diberikan untuk perusahaan yang menerapkan 166 Kriteria Audit

Peran Konsultan SMK3 Melakukan Bimbingan Sertifikasi SMK3 Perusahaan

Penerapan SMK3 ini sebenarnya bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Tidak dapat kita pungkiri saat ini, angka kecelakaan kerja masih cukup tinggi di Indonesia. Sejumlah kecelakaan kerja itu mengakibatkan timbulnya kejadian fatality yang menyebabkan kematian. Penerapan SMK3 disini tidak boleh dipandang sebelah mata. Perusahaan harus benar – benar konsisten dalam menerapkan SMK3.

Tidak jarang perusahaan meminta konsultan membantu dalam melakukan bimbingan sertifikasi SMK3 ini. Mentari Safety merupakan salah satu perusahaan yang memberikan jasa Konsultan SMK3 dimana para personilnya telah memiliki pengalaman mumpuni melakukan bimbingan kepada tiap klien kami.

Sertifikat SMK3 adalah bentuk pengakuan dari Pemerintah Republik Indonesia kepada perusahaan yang telah patuh dalam melakukan penerapan SMK3. Sertifikat SMK3 diberikan setiap tahun sekali pada malam penganugerahan K3. Biasanya penyerahan sertifikat SMK3 ini dilakukan pada bulan Juni atau Juli tiap tahunnya. Sertifikat SMK3 ini pun berlaku selama 3 (tiga) tahun.

Baca Juga:

  • Paket Bimbingan Sertifikasi SMK3 dari Konsultan SMK3 Profesional, Proses Cepat, Harga Terjangkau, Jaminan Lulus Audit
  • Paket Konsultan ISO 9001 Profesional, Harga Terjangkau, Jaminan Lulus Audit
  • Jasa Penyusunan Dokumen CSMS untuk Kebutuhan Syarat Vendor BUMN (PLN, Pertamina, PGN, dll)

SMK3 ini memiliki 3 tingkatan kategori penerapan. Yaitu Penerapan Tingkat Awal dengan jumlah kriteria yang harus dipenuhi adalah 64 kriteria; Penerapan Tingkat Transisi dengan kriteria yang harus dipenuhi sebanyak 122 kriteria; dan Penerapan Tingkat Lanjutan dengan kriteria yang harus dipenuhi sebanyak 166 kriteria. Bagi perusahaan yang baru mulai menerapkan SMK3, umumnya konsultan akan menyarankan perusahaan menerapkan SMK3 dengan kategori penerapan tingkat awal yaitu 64 kriteria. Setidaknya dengan memilih tingkatan awal, pada tahun ke 3 penilaian SMK3, perusahaan bisa memilih tingkat transisi dan seterusnya.

Lantas bagaimana proses audit SMK3 itu sendiri? Berikut ini tahapan proses audit SMK3 yang sering dilakukan, yaitu:

  1. Perusahaan diminta mengajukan permohonan Audit SMK3 ke Dirjen Binwasnaker & K3 Kementerian Ketenagakerjaan RI dan ditembuskan kepada Disnaker di daerah serta Lembaga Audit SMK3 yang ditunjuk.
  2. Lembaga Audit SMK3 yang ditunjuk kemudian menginformasikan kepada Dirjen Binwasnaker & K3 bahwa perusahaan telah siap untuk diaudit pada tanggal yang telah ditetapkan.
  3. Perusahaan yang telah siap diaudit harus dapat membuktikan telah menerapkan SMK3 minimal 3 (tiga) bulan sebelum diaudit.
  4. Perusahaan yang akan diaudit juga harus menyiapkan Manual SMK3, Prosedur SMK3, Instruksi Kerja dan Form – Form penerapan terkait.
  5. Perusahaan yang akan diaudit telah memiliki Ahli K3 Umum, Petugas Peran Penanggulangan Kebakaran, dan Petugas P3K. Selain itu jika perusahaan memiliki operator pesawat produksi juga harus melengkapi dengan Surat Ijin Operator (SIO).
  6. Perusahaan harus mengesahkan susunan organisasi P2K3 ke Disnaker setempat.
  7. Perusahaan yang akan diaudit juga memastikan setiap alat produksi yang digunakan telah dilakukan Pemeriksaan dan Pengujian (Riksa Uji) oleh Pengawas Spesialis di Disnaker setempat atau dari PJK3 Riksa Uji.
  8. Perusahaan juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan berkala untuk seluruh karyawannya.
  9. Perusahaan juga harus melakukan pengukuran lingkungan kerjanya.

Tidak semua perusahaan yang akan diaudit telah melengkapi persyaratan yang diminta diatas. Untuk menutupi kekosongan itu, Mentari Safety sebagai salah satu Perusahaan Jasa K3 (PJK3) yang ditunjuk oleh Kemenaker dapat membantu anda melengkapi persyaratan yang diminta.

Lama proses audit biasanya tergantung dari jumlah tenaga kerja yang ada di perusahaan yang dibandingkan dengan resiko aktifitas/kegiatan perusahaan. Aturan ini dapat dilihat pada Permenaker No. 26 Tahun 2014. Yaitu seperti yang dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Penetapan Hari Audit SMK3
Tabel tentang penetapan hari Audit SMK3 yang didasari dari Jumlah Tenaga Kerja dan Tingkat Resiko perusahaan

Contoh perhitungan jumlah hari audit misalnya untuk melakukan audit terhadap klien yang memiliki jumlah karyawan 30 orang, hari orang kerja (HOK) audit yang digunakan adalah 6 (enam) HOK jika klien tersebut beresiko tinggi. Artinya dengan jumlah auditor 2 (dua) orang, hari yang dibutuhkan untuk audit adalah 3 (tiga) hari.

Komponen Biaya Sertifikasi SMK3

Bicara sertifikasi audit, kita tidak akan lepas dari yang namanya biaya. Tidak mudah memang menerapkan SMK3, tetapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Peran penting manajemen sangat diperlukan, terutama komitmen perusahaan. Banyak yang gagal dalam menerapkan karena tidak tau atau minimnya informasi. Kekosongan ini dapat ditutupi dengan kehadiran konsultan.

Komponen Biaya Sertifikasi SMK3
Komponen Biaya Sertifikasi SMK3 yang disesuaikan dengan tingkat kriteria penerapan SMK3

16 Komponen biaya diatas tidak semua berlaku untuk seluruh tingkatan kriteria audit. Misalnya perusahaan yang akan diaudit adalah perusahaan kontraktor konstruksi dengan jumlah tenaga kerja 100 orang dan kriteria audit yang dipilih adalah 64 kriteria maka kewajiban yang mereka harus penuhi adalah perusahaan harus memiliki 1 orang ahli K3 umum, 1 orang petugas P3K, beberapa orang petugas Damkar Kelas D. Selain itu P2K3 telah disahkan oleh Disnaker setempat, sudah melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, sudah memiliki dokumen SMK3 dan setiap area kerja diberi simbol/label/amaran K3 yang disesuaikan dengan lokasi tempat kerja. Jika tidak ada/dilengkapi maka berpotensi menjadi temuan Major.

Adanya temuan berkategori Major menyebabkan perusahaan yang diaudit terancam tidak lulus Audit SMK3. Waktu perbaikan yang hanya 1 (satu) bulan menyulitkan perusahaan untuk memperbaiki temuan tersebut. Untuk menghindari adanya temuan major, konsultan SMK3 dapat membantu anda memenuhi semua persyaratan sertifikasi SMK3 itu.

Contoh Sertifikat SMK3 Perusahaan

Perusahaan yang dinilai telah lulus audit Sertifikasi SMK3 berhak mendapatkan Sertifikat SMK3. Sertifikat SMK3 dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, sertifikat SMK3 terbit hanya 1 (satu) kali setahun. Sehingga beberapa perusahaan yang menunggu sertifikat SMK3 biasanya diberikan Surat Keterangan Lulus Audit (SKA) dari Kemnaker. Contoh SKA dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Surat Keterangan Lulus Audit (SKA) ini diberikan sebagai surat keterangan sementara sebelum Sertifikat SMK3 dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan
Surat Keterangan Lulus Audit (SKA) ini diberikan sebagai surat keterangan sementara sebelum Sertifikat SMK3 dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan

SKA ini diberikan kepada perusahaan dalam waktu lebih kurang 2 (dua) minggu setelah laporan audit SMK3 disubmit ke Kemnaker. Di dalam SKA ini tertulis diktum yang menjelaskan bahwa SKA ini berkekuatan hukum yang sama dengan sertifikat SMK3. SKA ini dapat digunakan untuk keperluan tender/lelang dengan unsur pemerintahan seperti di Kementerian PUPR ataupun dengan BUMN seperti PLN, Pertamina, dll. Sedangkan contoh sertifikat SMK3 itu sendiri dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Contoh Sertifikat SMK3 Perusahaan berkategori Emas
Contoh Sertifikat SMK3 Perusahaan berkategori Emas bagi perusahaan yang menerapkan SMK3 dengan tingkat penilaian oleh lembaga audit diatas 85%

Sesuai dengan penjelasan diatas, sertifikat SMK3 ini terbitnya hanya 1 (satu) tahun sekali dan berlaku selama 3 (tiga) tahun. Tidak ada kegiatan surveilan tiap tahun. Hanya saja jika klien meminta untuk dilakukan kegiatan surveilan maka laporan audit tahunannya hanya akan disampaikan ke pihak perusahaan saja dan tidak disampaikan ke Kemnaker.

Mentari Safety – Jasa Konsultan SMK3 – Terpercaya Sejak 2017

Mentari Safety merupakan PJK3 yang bergerak dibidang Pelatihan dan Konsultansi. Selain Konsultansi ISO, Mentari Safety juga memberikan bimbingan sertifikasi SMK3 kepada beragam klien di Seluruh Indonesia. Sejak dari Tahun 2017, kami telah membantu lebih dari 50 Perusahaan baik itu perusahaan kontraktor konstruksi, kontraktor listrik, maupun industri manufaktur lainnya.

Jasa Konsultan SMK3
Mentari Safety membantu anda meraih sertifikat SMK3. Kami profesional dan terpercaya. Segera Hubungi kami di 0852 8181 5168 (Telpon / WA)

Anda dapat menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai Sertifikasi SMK3 ini. Kontak kami di:

Jakarta  : Pesona Laguna 2 - Depok
Surabaya : Bumi Gedangan Indah - Sidoarjo
Telpon/WA: 0852 8181 5168
Email    : mentarisafety@gmail.com

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu