• 0822-1999-1580
  • metroeducation.me@gmail.com
  • Jl. Dewi Sartika No. 133 DKI Jakarta

Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi dari Kemnaker RI

Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikasi dari Kemnaker RI

Di Indonesia sendiri Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diatur dalam Undang-undang No. 1 Th. 1970 mengenai Keselamatan Kerja, Undang-undang nomor 23 th. 1992 mengenai Kesehatan, Undang-undang No. 13 Th. 2003 mengenai Ketenagakerjaan dan Ketentuan Pemerintah (PP) dan Ketentuan Presiden berkaitan penyelenggaraan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Nah kesemua ketentuan itu diperuntukkan untuk seluruh pekerja baik di bidang darat, air ataupun udara. Jadi pada dasarnya setiap pekerja di Indonesia wajib dan berhak atas jaminan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja.

Permenaker no. 2 tahun 1992 telah mengatur mengenai tata cara penunjukkan Ahli K3 Umum. Setiap perusahaan yang memiliki karyawan 100 orang atau lebih, atau memiliki resiko pekerjaan yang tinggi, wajib memiliki P2K3 dan juga minimal seorang Ahli K3 Umum. “Ahli K3 adalah tenaga kerja teknik berkeahlian khusus dari luar Departemen Tenaga Kerja yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja untuk Mengawasi ditaatinya UU Keselamatan Kerja”. Ahli K3 umum adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam mengawasi pekerjaan ditempat kerjanya, agar sesuai dengan persyaratan perundang undangan yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko dan insiden, baik itu kecelakaan maupun penyakit akibat kerja. Setelah lulus dari sertifikasi ini individu akan memiliki wewenang yang telah diakui secara legal untuk menjadi Ahli K3 di tempat kerjanya.

Tujuan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah untuk :

  1. Agar peserta mampu dan dapat melaksanakan pembinaan operasional K3 di perusahaan ataupun lembaga terkait tempat peserta bekerja.
  2. Agar peserta memperoleh dan memiliki sertifikat sebagai Ahli K3 level muda/umum di perusahaan yang berkaitan.
  3. Walaupun namanya adalah kursus, sebelum anda masuk ke tahap kursus K3 ada beberapa tes yang perlu anda lalui salah salah satunya psikotes.

Pelatihan K3 umum biasanya dibuka oleh lembaga tertentu yang sudah mempunyai izin dari pemerintah. Berikut ini merupakan manfaat mengikuti pelatihan K3 untuk diri kita yang akan kita bahas dibawah ini.

  1. Dengan kita memiliki pelatihan K3 kita bisa mengetahui ilmu tentang bekerja secara aman dan selamat. Saat ini ilmu tentang K3 sangat dibutuhkan oleh karyawan yang akan masuk perusahaan apalagi bagi orang yang bekerja di luar atau bekerja di lapangan. Dengan memiliki ilmu K3 kita bisa bisa mencegah cedera yang akan kita dapatkan pada saat bekerja.
  2. Selain mendpatkan ilmu mengenai K3 dengan kita mengikuti pelatihan kita juga akan mendapatkan sertifikat dari keikutsertaan kita dalam pelatihan K3. Sertifikat keikutsertaan kita dalam pelatihan K3 sangat bermanfaat bagi anda yang sedang ingin melamar suatu pekerjaan. Dengan anda mempunyai sertifikat K3 ini anda akan mempunyai nilai lebih dimata HRD yang biasanya bertugas untuk menerima karyawan baru.
  3. Selain itu dengan kita mengikuti pelatihan K3 kita juga bisa semakin waspada dalam bekerja. Selain itu jika kita nanti dijadikan atasan di kantor yang akan kita tempati untuk bekerja kita juga bisa melakukan suatu program K3 untuk karyawan yang kita awasi. Selain itu kita juga bisa memberikan ilmu kepada karyawan bawahan kita tentang pentingnya bekerja dengan menggunakan K3.

Memiliki tenaga Ahli yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum merupakan kewajiban dari perusahaan, dimana perusahaan yang tidak memiliki Ahli K3 wajib untuk men-training perwakilan karyawannya untuk mendapatkan sertifikasi ini. Selain biaya investasi yang tidak cukup murah, resiko kehilangan karyawan (karena resign) juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam mengeluarkan biaya untuk sertifikasi ini – sehingga dalam proses recruitment, dengan kompetensi yang sama namun memiliki perbedaan dalam hal sertifikasi, akan lebih menuntungkan jika perusahaan merekrut individu yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum.

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh oleh individu yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya adalah dalam menunjang promosi jabatan di perusahaan sebelumnya atau modal untuk mencari pengalaman yang lebih luas dengan jabatan yang berbeda di perusahaan baru.

Jelas bahwa, mengikuti program pembinaan Ahli K3 Umum merupakan investasi bagi setiap individu baik yang telah menjadi bagian dari Praktisi K3 (HSE Profesional) maupun bagi individu yang ingin menjadi bagian dari keluarga K3.

Bekerja dengan standar K3 ini merupakan pekerjaan yang menguntungkan dua belah pihak yaitu dari pihak perusahaan dan juga pihak karyawan itu sendiri. Bagi perusahaan mereka akan mendapatkan untung dari K3 karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengobati karyawan yang terluka pada saat mereka bekerja. Sedangkan bagi pekerja sendiri mereka akan mendapatkan manfaat yaitu untuk bisa selamat pada saat bekerja.

Salah satu slogan yang sering kita dengar adalah “Safety is Everyone Responsibility” atau “Keselamatan merupakan tanggungjawab semua orang”. Slogan ini mengingatkan kita bahwa K3 merupakan kebutuhan semua orang sehingga tercapailah tujuan “Mulailah pekerjaan dengan semangat dan pulang dengan selamat”

Leave a Reply

Close Menu